Tafsir

Tafsir

Portal Islam

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

QS An Nisa Surat yang Membuat Rasulullah Menangis

An Nisa

Portalislam.com - Surat keempat dalam Al Quran ialah QS An Nisa meliputi 176 ayat dan masuk golongan Madaniyah. Surah tersebut penamaannya juga sesuai dengan artinya yakni perempuan, sebab banyak mengungkapkan hal terkait perempuan

Apalagi pembahasannya mengenai perempuan dalam surah ini cukup mendalam dibanding surat lainnya. Di sinilah Allah membahas beragam aspek tentang wanita, misal hukum pernikahan, hak kewajiban keluarga, warisan, dan lainnya.

Selain itu juga mencakup beragam jenis hukum etika serta sosial yang ada dalam masyarakat muslim dulu sampai sekarang. Ada pula QS dengan bahasan wanita di dalamnya, misalnya At Talaq.

Isi Kandungan dari QS An Nisa

Salah satu surat dalam Al Quran ini isinya adalah beberapa peraturan serta hukum penting di agama Islam. Seperti hukum perang, keluarga, serta prinsip keadilan, untuk lebih jelasnya, berikut isi kandungannya:

1.      Hukum keluarga

Surat keempat dalam Al Quran ini salah satunya ialah menjelaskan mengenai beragam jenis hukum di keluarga. Misalnya poligami, warisan, serta mahar, termasuk ahli waris beserta prinsip hukum warisan.

2.      Hukum perkawinan

Di dalamnya juga berisikan mengenai panduan bagaimana menjalankan perkawinan. Selain itu juga membahas tentang aturan hidup suami istri serta cara memperlakukan istri dengan baik.

3.      Kewajiban Manusia kepada Sang Pencipta

Surah An Nisa ini juga membahas mengenai bagaimana kewajiban seorang manusia kepada Tuhannya. Seperti larangan bersekutu dengan Sang Pencipta atau syirik serta keburukan orang yang munafik.

4.      Dasar pemerintahan

Salah satu surat pada Al Quran ini juga berisi mengenai dasar pemerintahan dalam agama islam. Selain itu juga berikan pedoman untuk manusia mengenai cara menjalankan kehidupan bermasyarakat secara adil.

5.      Adab serta taktik perang

Dalam ayat-ayatnya juga terdapat info mengenai siasat serta etika ketika melakukan perang sesuai syariat islam. Selain itu juga berisi mengenai kewajiban migrasi (hijrah) serta menjalankan salat.

6.      Kewajiban bersikap adil

Dalam kehidupan manusia, baik sosial atau hukum harus bersikap adil dan semua itu diajarkan di QS keempat ini.

7.      Pelanggaran Kaum yahudi

QS An Nisa bahkan membahas mengenai pelanggaran dari orang Yahudi dalam kaitannya dengan sejarah islam.

Keutamaan Membaca QS An Nisa

Quran surat keempat ini juga mempunyai banyak keutamaan harus Anda ketahui jika belum pernah mendengarnya. Seperti surah ini merupakan salah satu yang membuat Nabi Muhammad SAW menangis.

Beliau mendengarkan ayat-ayatnya sampai menangis dan itu menjadi bukti pentingnya isi kandungan pesan dalam surahnya. Termasuk mengenai peringatan kepada manusia tentang masalah sosial serta kafir.

Selain itu ayat di dalamnya, terutama yang ke-88 dianggap menjadi penawar atau penghibur hati. ayat tersebut mampu bantu manusia dalam menghadapi tiap konflik serta perpecahan dari umat muslim.

Selain itu juga dikatakan jika ayat dalam QS An Nisa tersebut layaknya api yang mampu bersihkan karat pada besi. Bahkan menghilangkan keburukan serta memulihkan kembali persatuan antar umat.

Keutamaan yang selanjutnya ialah surat ini selalu dibaca oleh Rasulullah ketika malam. Hal itu juga menunjukkan jika surah tersebut sangat penting untuk kelengkapan beribadah

Ayat terakhir dalam surat ini dianggap menjadi jawaban yang cukup berarti untuk sejumlah pertanyaan tertentu, terutama untuk masalah hukum. Selain itu juga memberikan lengkap serta bijaksana pada ayat Quran.

Jika Anda belum tahu, surah ini termasuk salah satu dari tujuh surat pertama yang dihafalkan orang alim serta bertaqwa. Apabila membaca surat ini, maka Anda bisa menjadikannya doa menghindari kezaliman.

Tiap surah dalam Al Quran pasti mempunyai keutamaan dan isi kandungannya dapat dijadikan usaha mendekatkan diri. Karena isi dari QS An Nisa ini juga membuat sang Nabi menangis saat mendengarkannya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here