--> Skip to main content

  

ACT (Aksi Cepat Tanggap) vs KitaBisa.com , Perbandingan 2 Perusahaan Donasi !!


perbandingan ACT dan KitaBisa.com
ACT vs KitaBisa


Ok guys kali ini saya akan membahas tentang perbandingan dua perusahaan donasi yang cukup besar di Indonesia, yang pertama adalah ACT atau Aksi Cepat Tanggap dan yang kedua adalah KitaBisa.

Seperti yang kita tahu saat ini sedang ramai pemberitaan tentang aksi cepat tanggap. Silakan sobat Googling sendiri aja berita apa yang saya maksud. Dan di sini saya mau membahas tentang perbedaan antara ACT dengan KitaBisa.

Tujuannya apa? Tujuannya agar sobat bisa menentukan mau berdonasi di mana. Mau di ACT, atau di Kita Bisa.


Komparasi AksiCepatTanggap vs KitaBisa


1. Tanggal Berdiri

Perbedaan yang pertama adalah tanggal berdiri atau tahun berdiri dari kedua perusahaan donasi tersebut. Kalau ACT berdiri sejak tahun 2005, artinya sudah sangat sangat lama. Kalau dihitung dengan tahun sekarang, berarti sudah sekitar 17 tahun. Sedangkan Kita Bisa adalah berdiri sejak tahun 2013, artinya Baru 9 tahun berjalan.

By the way, konsepnya sendiri KitaBisa ini adalah donasi secara online, sejak berdirinya sudah secara online. Sedangkan ACT ini awalnya berdiri donasi secara konvensional, namun beberapa tahun belakangan baru bergerak secara online.


2. Konsep pemungutan donasi

Perbedaan ke-2 adalah, konsep dari donasinya. Untuk Aksi Cepat Tanggap atau ACT ini donasinya ini adalah langsung dari mereka yang menyelenggarakan donasi. Kalau diibaratkan dengan situs e-commerce, mereka ini mirip dengan matahari.com. Matahari.com adalah menjual barang langsung dari mereka sendiri, dan tidak ada penjual di website tersebut.

Berbeda dengan konsep dari Kitabisa.com. Kitabisa.com ini ibaratnya seperti situs marketplace, tapi bergerak di bidang donasi. Jadi yang menyelenggarakan donasi adalah orang lain -- bukan dari pihak KitaBisa. Kalau dianalogikan seperti dalam bidang ecommerce, maka sangat mirip dengan situs jual beli online Tokopedia.com. Tokopedia.sendiri adalah situs  marketplace yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli, dan  mereka hanya sebagai perantara. Hal itu sama persis dengan Kitabisa.com mereka hanya sebagai perantara, bukan penyelenggara donasi.


3. Biaya administrasi

Perbedaan ketiga adalah besarnya biaya administrasi yang dipotong dari hasil donasi. Dilansir dari Detik.com, beberapa waktu yang lalu Presiden ACT membeberkan kalau besaran biaya adminnya adalah 13,5% dari donasi. Tujuannya adalah untuk operasional seperti gaji pegawai, operasional kantor, dan lain sebagainya.

Adapun biaya administrasi / feedi di Kitabisa.com adalah sebesar 5% (sumber: blog KitaBisa.com). Sama juga penggunaannya yakni untuk gaji pegawai, maintenance website, operasional kantor, dan lain sebagainya.


Nah itulah dia 3 perbedaan / komparasi dari 2 tempat donasi di Indonesia, yakni Aksi Cepat Tanggap dengan Kita Bisa.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi, bagi sobat yang ingin memberikan donasi agar tidak bingung dalam memilih tempatnya. Jangan lupa dishare info ini jika dirasa bermanfaat. (af)


Baca Juga
> Daftar situs penyedia dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp4.650.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp209.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar