--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

Fadilah dan Doa setelah Membaca surat Al Waqiah



Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang terdiri dari beberapa surat, salah satunya adalah surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 96 ayat. Selain mendapatkan pahala, membaca surat Al Waqiah juga memiliki keutamaan yang bisa didapatkan bagi pembacanya. 

Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang fadilah atau keutamaan membaca surat Al Waqiah dan doa setelah membaca surat Al Waqiah sebagai berikut.


Fadilah Membaca Surat Al Waqiah


1. Diberikan Syafaat Pada Hari Kiamat 

Diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Imam Ja’far radiyyallahu ‘anhu berkata;”Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, halaman 117). 


2. Diberi Kelimpahan Harta

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim:7). 

Salah satu bentuk syukur kita kepada Allah adalah dengan melakukan berbagai ibadah termasuk membaca surat Al Waqiah. 

Bagi anda yang ingin diberi kelimpahan harta oleh Allah subhanahu wa Ta’ala, maka anda bisa coba membaca surat Al Waqiah sebanyak 3 kali setelah melaksanakan sholat Subuh dan 3 kali usai menunaikan sholat Isya. 


3. Dijauhkan Dari Kemiskinan

Al-Hafizah Ibnu Asakir menjelaskan sebuah hadits yang didapat dari Syuja’ bahwa Abu Zhabiyah berkata:

“Ketika Abdullah bin Mas’ud sakit, beliau dijenguk oleh Sayyidina Utsman bin ‘Affan. Ustman bertanya: “Apa yang kau rasakan?” Dosa-dosaku,” terang Abdullah bin Mas’ud,

“Apa yang engkau inginkan?” tanya Utsman. “Rahmat Tuhanku,” jawab Abdullah bin Mas’ud.

“Apakah engkau ingin aku paggilkan dokter untukmu.” “Tidak perlu,” ujar Abdullah bin Mas’ud.

“Apakah engkau ingin aku memberikan sesuatu bagimu?” tanya Utsman lagi, “Aku tidak membutuhkannya,” ujar Abdullah bin Mas’ud.

“Mungkin untuk bekal putri-putrimu sepeninggalmu.” tutur Utsman. Abdullah bin Mas’ud menjawab: “Apakah engkau mengkhawatirkan kemisikinan menimpa putri-putriku? Aku telah memerintahkan putri-putriku membaca surat Al Waqiah setiap malam.

Sesungguhkan aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kemiskinan.”

 

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah

Adapun doa setelah membaca surat Al Waqiah adalah sebagai berikut:

Allahumma shun waujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqikaqa wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghhila bihami man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho-i wal man-i.

Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa sholallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi wa shohbihi wa salllam.

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami.”

“Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.”

“Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.”

“Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnyanya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar