-->
close
VR Headset Murah
Skip to main content





  Cari artikel apa saja

  

Metaverse Standards Forum Digagas 30+ Perusahaan, Bakal Menyingkirkan Metaverse "Abal-abal"?


daftar anggota metaverse standards forum


Mengenal Metaverse Standards Forum

Ada kabar gembira bagi para pecinta metaverse, karena perusahaan-perusahaan raksasa dunia seperti Adobe, Baidu, Epic Games, Google, Oppo, Huawei, Intel, LG, Microsoft, Meta, Nvidia, Qualcomm, Samsung, dan perusahaan-perusahaan raksasa teknologi lain yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu -- saat ini tengah bergabung dalam satu forum besar metaverse. Perusahaan-perusahaan raksasa tadi tergabung di dalam Metaverse Standards Forum, yang nantinya akan menjadi standar terbuka dalam pengembangan metaverse.

Dengan adanya forum ini, tentu bisa meminimalisir keberadaan metaverse "abal-abal" yang saat ini tengah marak bermunculan. Mereka yang mengaku metaverse ini lebih mengedepankan investasi dan iming-iming cuan, bukan memberikan value sebenarnya dari yang namanya metaverse.

Metaverse Standards Forum memiliki konsep dimana organisasi dan perusahaan standar terkemuka bekerja sama untuk menemukan standar interoperabilitas untuk metaverse terbuka. Mereka menyatakan bahwa potensi metaverse ini akan sangat besar, dan nantinya dibangun atas dasar standar keterbukaan atau inklusif.


Sebenarnya forum ini tidak membuat standarnya sendiri, melainkan akan mengkoordinasikan persyaratan dan sumber daya untuk mendorong penciptaan dan evolusi standar dalam organisasi standar yang bekerja di domain yang relevan.

Kegiatan forum ini akan diarahkan oleh kebutuhan dan kepentingan anggotanya, dan dapat melibatkan beragam domain teknologi -- termasuk namun tidak terbatas juga pada:

- kaset CD interaktif dan rendering fotorealistik

- antarmuka manusia dan paradigma interaksi

- konten yang dibuat pengguna

- avatar

- manajemen identitas dan privasi

- transaksi keuangan 

- IOT atau internet of things 

- gambar digital 

- sistem geospasial.


Metaverse Standards Forum ini sebenarnya baru didirikan, namun keanggotaannya bertumbuh sangat cepat -- di mana sudah ada lebih dari 650 perusahaan yang telah bergabung -- dan nantinya akan terus bertambah.

Dilihat dari anggota-anggotanya ini yakni perusahaan-perusahaan raksasa dunia, sepertinya forum ini adalah untuk membangun metaverse yang sesungguhnya, bukan metaverse "abal-abal". Jadinya ini yang saya tunggu-tunggu, di mana ada metaverse yang dibangun oleh para perusahaan yang terjamin kapasitas dan kemampuannya -- yang tentu bakal menarik untuk ditunggu.

By the way, forum ini sebenarnya sifatnya terbuka. Bahkan kita pun bisa juga mendaftar di forum tersebut. Hanya saja ada 1 syarat yang harus dimiliki, yakni mempunyai email perusahaan, bukan email gratisan seperti Yahoo ataupun Gmail. Yang dimaksud dengan email perusahaan itu, seperti admin@<nama perusahaan>.com, misalnya admin@traveloka.com atau perusahaan lainnya.

Adapun untuk mendaftar menjadi member Metaverse Standards Forum, langsung saja kunjungi websitenya metaverse-standards.org, kemudian scroll ke bawah sampai ada tombol bertuliskan "Sign up form and agreement". Langsung saja klik tombol tersebut, dan sobat akan diarahkan ke laman formulir pendaftaran yang bisa sobat isi. Isi dengan lengkap tiap kolom-kolomnya, kemudian langsung aja submit.


Nah itulah dia penjelasan tentang apa itu Metaverse Standards Forum, yang beranggotakan para raksasa teknologi dunia seperti Google seperti Microsoft Huawei dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Oh iya sebagai tambahan, di dalam forum ini tidak terpantau keikutsertaan dari Apple. Mungkinkah mereka punya rencana tersendiri dalam pengembangan metaverse? Atau justru "gabung belakangan" di Metaverse Standards Forum ini. So, kita tunggu saja nanti langkah yang akan diambil oleh perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu. (af)


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

VR Headset Murah di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp84.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen White
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax + Remote VR (White)
Rp137.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen White
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax + Headphone (White)
Rp210.900
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar