--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

Ragam Manfaat Mengonsumsi Asupan Serat yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh



Serat merupakan makananan yang memiliki peranan penting bagi manusia untuk menghindari berbagai macam penyakit seperti jantung, diabetes, hingga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Selain bermanfaat untuk menghindari penyakit makanan berserat juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Oleh karenanya maka tidak heran bila makanan yang kaya akan kandungan serat sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ragam manfaat dari asupan serat untuk kesehatan tubuh manusia. Secara umum serat merupakan karbohidrat yang terdapat pada jenis tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, biji-bijian, dan juga buah. Serat juga merupakan makanan yang  tidak mudah dicerna oleh tubuh, karena asupan serat akan mudah keluar tanpa diproses oleh usus besar dan kecil. Maka dari itu tidak heran bila makanan serat bisa membantu melancarkan pencernaan karena tidak adanya hambatan bagi usus.

Melansir dari berbagai sumber makanan serat sendiri memiliki 2 jenis, mulai dari serat yang dapat larut dalam air hingga serat yang tidak dapat larut dalam air. Untuk jenis makanan serat yang larut dalam air seperti buah, sayur, dan juga biji-bijian dna masih banyak lagi jenis buah lainnya. Makanan serat yang larut dalam air memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus karena serat larut dapat menarik air usus sehingga bisa melancarkan feses dengan begitu maka akan menjaga pergerakan usus tubuh.

Berbeda dengan makanan serat yang tidak larut dalam air yang memiliki cara kerja berbeda dengan serat yang larut. Saat mencerna makanan, serat ini bercampur dengan air dalam usus sehingga akan langsung melewati pencernaan. Dengan tidak menyatunya pada air maka feses akan lebih lebih lembut dan proses limbah akan berjalan lancar melewati usus. Untuk jenis tumbuhan yang tidak larut  air seperti sayur brokoli, tomat, kedelai, wortel, dan juga gandum utuh, roti panggang serta bijian seperti kacang tanah. Dengan mengonsumsi makanan serat tidak larut air maka akan membantu melancarkan pencernaan.

Jadi bisa dipahami ya jenis serat yang terdapat pada makanan yakni terdapat 2 jenis yakni larut air dan juga tidak larut air. Kedua makanan serat tersebut tentu memiliki manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan tubuh manusia. Oleh karenanya penuhi kebutuhan serat kamu ya agar kesehatan tetap terjaga.

Selanjutnya, makanan yang kaya akan kandungan serat ini terdapat beragam manfaat untuk kesehatan tubuh karena serat memiliki protein yang penting untuk tubuh. Oleh karenanya berikut beberapa manfaat serat untuk kesehatn tubuh.


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan serat untuk menjaga daya tahan tubuh karena serat memiliki mikroba untuk melawan bakteri dalam usus sehingga bisa merangsang aktivitas sel imun menjadi lebih baik. Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka akan terjaga dari virus atau bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.


2. Membantu menjaga usus

Selain meningkatan daya tahan tubuh, makanan yang kaya akan serat ini juga bermanfaat untuk menjaga proses pergerakan usus manusia, karena serat akan membantu melunakan bentuk feses yang keras menjadi lebih lembut sehingga dengan begitu bisa pencernaan menjadi lancar. Oleh karenanya dengan memenuhi asupan serat maka kesehatan usus akan tetap terjaga.


3. Melancarkan buang air besar (BAB)

Manfaat selanjutnya yang terdapat pada kandungan serat ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan karena serat mampu menyerap air kedalam usus besar sehingga akan memudahkan proses pencernaan dan buang air besar menjadi lancar.


4. Mampu menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang melakukan program diet atau yang ingin menurunkan berat badan, makanan yang kaya akan kandungan serat ini bisa membantu program kamu lho. Karena serat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dikarenakan serat dapat memberikan sensasi kenyang karena dapat menyerap air kedalam usus dan juga memperlambat penyerapan nutrisi. Kamu bisa memilih serat seperti gandum, kacang-kacangan, brokoli, dan juga wortel.


5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lain dari mengonsumsi makanan serat juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah  pada tubuh, mulai dari masalah jerawat dan juga mampu mengencangkan kulit yang keriput. Oleh karenanya bagi kamu yang memiliki masalah jerawat, kamu bisa memenuhi asupan serat pada tubuh sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.


Demikianlah ulasan dari ragam manfaat makanan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, maka dari itu kamu bisa memilih makanan yang mengandung serat sesuai dengan kebutuhan. Karena idealnya setiap manusia memerlukan 25 gram asupan serat dalam sehari agar tubuh menjadi lebih sehat tentunya.


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar