--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

4 Doa Meluluhkan Hati Seseorang Beserta Artinya Yang Bisa Dilafalkan Setiap Hari



Doa meluluhkan hati seseorang merupakan bacaan doa permohonan seorang muslim pada Allah SWT saat memiliki permasalahan dengan orang lain. Bacaan doa ini juga dibutuhkan saat seorang muslim mendapatkan ujian secara umum. 

Namun, selain dengan ikhtiar berdoa dan taat beribadah kepada Allah tentunya harus juga dibarengi dengan usaha untuk memperbaiki hubungan dengan orang lain. Berikut 4 doa meluluhkan hati seseorang beserta artinya yang bisa dilafalkan setiap hari. 


1. Doa Meluluhkan Hati Orang Yang Kita Cinta

Sebagaimana dituliskan dalam buku Pintar Ibadah Dilengkapi Tuntunan Shalat Wajib, Shalat Sunat, Zakat karya Ustaz H Fatkhur Rahman, terdapat doa untuk meluluhkan hati seseorang. Berikut bacaan latinnya :

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii amrii kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya :

“Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir’aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik – baik pemimpin dan sebaik – baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”


2. Doa Agar Allah Memberikan Kemudahan Dalam Urusan Dan Penyampaian Lisan 

Dalam menyampaikan sesuatu keinginan, terkadang lidah terasa kelu dan sulit untuk menyampaikan. Untuk mendapat kemudahan dari Allah, berikut bacaan doa latinnya :

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya :

“Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thoha : 25-28). 


3. Doa Agar Mencintai Dan Dicintai Orang – Orang Yang Mencintai Allah

Apabila kita hidup bersama dengan orang – orang yang mencintai Allah, tentunya bisa membuat hidup semakin tenang karena sama – sama mengharapkan ridha Allah. Adapun doa agar kita mencintai dan dicintai orang yang mencintai Allah, serta tidak menjadikan cinta itu lebih besar dari cinta kepada Allah. 

Bacaan Latin :

Allahummainni as ‘aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal amalal ladzi yuballighuni hubbaka. Allahumaj ‘al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu cinta-Mu dan cinta orang – orang yang mencintai-Mu dan aku memohon kepada-Mu perbuatan yang dapat mengantarku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih kucintai daripada diriku, keluargaku, dan air yang dingin (di padang yang tandus).”

Sebagaimana dikutip dari kitab Riyadhus Sholihin karya Imam Nawawi, doa tersebut merupakan potongan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. 


4. Doa Agar Allah Memperbaiki Urusan Kita

Sebagaimana dikutip dari buku 99 Doa untuk Bisnis Lancar, Rasulullah SAW mengajarkan doa ini untuk memohon kepada Allah agar memperbaiki urusan agama, dunia, dan kehidupan akhirat. Dengan membaca doa ini, maka kita juga berarti sudah memohon agar kehidupan ini menjadi sumber kebaikan dan kematian menjadi pemutus keburukan yang dilakukan. 

Bacaan Latin :

Alloohumma ashlih lii diiniilladzii huwa ‘ishmatu amrii, wa ashlih lii dun-yaayallatii fiihaa ma’aasyii, wa ash-lih lii aakhirotiillatii fiihaa ma’aadii, waj’alil hayaata ziyaadatan lii fii kulli khoirin, waj’alil mauta roohatan lii min kulli syarrin.

Artinya :

“Ya Allah ya Tuhanku, perbaikilah bagiku agamaku sebagai benteng urusanku, perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku, perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku ! Jadikanlah ya Allah kehidupan ini mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan jadikanlah kematianku sebagai kebebesanku dari segala kejahatan !”


Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar