Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Membeli Rumah Virtual di Metaverse The Sandbox dan Decentraland via OpenSea

Bagaimana cara beli rumah di Metaverse?

Ingin membeli rumah virtual di metaverse?

Membeli properti di metaverse kini bukanlah hal yang tabu. Selain bisa membeli tanah, sobat onlen juga bisa membeli rumah di “dunia ghaib” tersebut.

Lantas, bagaimana caranya membeli rumah di metaverse?

Langsung saja disimak tulisan ini sampai habis.

Rumah atau house di metaverse

Sama halnya dengan di dunia nyata, di dunia virtual a.k.a metaverse – sobat onlen juga bisa membeli rumah.

Nantinya, rumah tersebut bisa dijadikan aset digital yang bisa sobat jual kembali. Atau bisa juga digunakan oleh avatar sobat — saat berselancar di dunia metaverse.

Cara membeli rumah virtual di metaverse

Langsung sajai, saya akan menjelaskan tutorial cara membeli rumah virtual di dunia metaverse. Untuk metaversenya sendiri ada 2 macam, yaitu di Decentraland dan di The Sandbox.

Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelum-sebelumnya, Decentraland dan Sandbox adalah “salah dua” dari dunia virtual — alias metaverse — yang perkembangannya paling cepat saat ini.

Jadi, untuk sementara — tutorial membeli rumah virtual yang saya paparkan kali ini hanya dari 2 dunia virtual tersebut.

1. Cara membeli rumah virtual yang digunakan di metaverse The Sandbox

Untuk tutorial kali ini, kita akan membeli rumah virtual di The Sandbox, melalui marketplace NFT terbesar di dunia — yatu OpenSea.

Kenapa harus via OpenSea? Jawabannya, karena lebih simpel.

OpenSea sendiri adalah tempat menjual NFT berupa karya seni maupun item-item virtual lainnya — yang digunakan di metaverse. Dan Beruntungnya, baik official resmi The Sandbox maupun official resmi Decentraland — sudah memiliki “akun resmi” di sana.

Oke, langsung saja kita menuju tutorialnya:

– Pertama-tama, silahkan kunjungi website resmi OpenSea, di OpenSea<dot>io. Nantinya sobat akan menuju laman utama dari marketplace NFT tersebut.

– Selanjutnya, tulis di kolom pencarian paling atas berupa tulisan “The Sandbox ASSETS”. Perlu sobat ketahui, “The Sandbox ASSETS” adalah “lapak” resmi The Sandbox — yang menjual item-item di dunia virtual tersebut. Ada centang biru yang berarti “verified” di samping nama lapaknya, yang membuktikan keaslian dari akun tersebut.

– Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman produk dari The Sandbox ASSETS. Silahkan scroll ke bawah untuk menemukan kolom pencarian yang lebih kecil — yang ada di laman produk tersebut.

– Selanjutnya, tuliskan di kolom pencarian tersebut dengan kata kunci “house”, kemudian tekan enter

– Dan akan muncul berbagai rumah virtual yang dijual oleh The Sandbox ASSETS, dan tentunya bisa dipergunakan di dunia virtual tersebut.

– Jika sobat ingin membelinya, silahkan langsung saja klik BUY NOW yang ada di bawah gambar produk.

– Jika tidak ada opsi BUY NOW, silahkan klik gambar produk, kemudian sobat akan diarahkan ke laman produk, selanjutnya klik MAKE OFFER atau Ajukan Penawaran.

– Oh iya, pastikan sobat sudah memiliki akun di OpenSea untuk bisa membeli rumah virtual tersebut. Cara mendaftar di OpenSea, sobat onlen harus menginstall dompet MetaMask di browser Chrome milik sobat. Alurnya seperti ini, Install MetaMask, kemudian daftar MetaMask, kemudian Daftar di OpenSea, kemudian isi saldo MetaMask, dan terakhir beli rumah virtual di OpenSea.

– Dan satu lagi, pastikan sobat sudah memiliki akun di Sandbox, agar bisa menggunakan rumah virtual di metaverse tersebut. Untuk mendaftar di Sandbox juga sama, sobat harus memiliki akun MetaMask. Silahkan kunjungi websitenya di Sandbox<dot>game.

Selanjutnya, kita menuju tutorial cara beli rumah virtual yang digunakan di metaverse satunya, yaitu Decentraland. Tenang saja, tutorial kali ini juga hampir sama — alias mirip-mirip — dengan yang di The Sandbox tadi.

2. Cara membeli rumah virtual yang digunakan di metaverse Decentraland

Sama seperti yang sebelumnya, kali ini kita akan membeli rumah virtual yang digunakan di Decentraland, via marketplace OpenSea. Jadi, pastikan sobat onlen sudah memiliki akun di sana, oke.

Langsung saja, berikut ini tutorialnya:

– Silahkan sobat kunjungi website resmi OpenSea, di OpenSea<dot>io. Nantinya sobat akan menuju laman utama dari marketplace NFT tersebut.

– Selanjutnya, tulis di kolom pencarian paling atas berupa tulisan “Decentraland”. “Decentraland” sendiri adalah akun resmi dari metaverse Decentraland — yang menjual item-item di dunia virtual tersebut. Dan ada centang biru yang berarti “verified” di samping nama lapaknya.

– Kemudian sobat akan diarahkan ke halaman produk dari Decentraland.

– Silahkan scroll ke bawah untuk menemukan kolom pencarian yang lebih kecil yang ada di laman produk Decentraland.

– Selanjutnya tuliskan di kolom pencarian tersebut — dengan kata kunci “house”, kemudian tekan enter

– Dan akan muncul berbagai rumah virtual yang dijual oleh Decentraland, dan tentunya bisa dipergunakan di dunia virtual tersebut.

– Jika sobat ingin membelinya, silahkan langsung saja klik BUY NOW yang ada di bawah gambar produk.

– Jika tidak ada opsi BUY NOW, silahkan klik gambar produk, kemudian sobat akan diarahkan ke laman produk, selanjutnya klik MAKE OFFER atau Ajukan Penawaran.

– Pastikan, sobat sudah memiliki akun di Decentraland. Dan untuk mendaftar di Decentraland juga sama, sobat harus memiliki akun MetaMask. Jadi, gunakan saja akun MetaMask yang tadi sudah didaftarkan. Untuk mendaftar di Decetraland, silahkan kunjungi website resminya di Decentraland<dot>org.

Apakah bisa membeli langsung di website masing-masing?

So pasti, tentu saja bisa. Sobat onlen cukup kunjungi masing-masing website dari metaverse Decentraland dan metaverse The Sandbox, yaitu “Decentraland<dot> org” dan “Sandbox<dpt>game”.

Selanjutnya, cari saja tombol “Marketplace” — atau sejenisnya — yang ada di bagian menu. Nanti di sana akan ditemukan berbagai item yang dijual untuk masing-masing metaverse, termasuk rumah virtual di dalamnya.

Baca juga:

5 Tips dan trik agar NFT cepat laku terjual

Oke, sekian dulu tutorial cara membeli rumah di metaverse, baik di The Sandbox — maupun di Decentraland.

Semoga tutorial ini bermanfaat, dan sampai jumpa.. 

NOTE: Saran saya, mending wait and see dulu, jangan langsung membeli aset di dunia metaverse, karena kita belum tahu metaverse mana yang diakui secara resmi nantinya. So ditunggu saja seperti apa perkembangannya. (af)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here